Bermain Sambil Belajar Mengasah Motorik Anak

Halo mom gimana nih cerita WFH atau self quarantine bareng si kecil? Selama dirumah aja bingung nih mau ngajak si kecil belajar gimana?

Apa sih pentingnya mengasah motorik si kecil?

Perkembangan motorik adalah salah satu tahap dari perkembangan tumbuh anak. Dimana ada dua bentuk perkembangan motorik untuk anak , yaitu motorik  kasar (gross motoric skill) dan  halus (fine motoric skill). Keduanya sangat penting loh mom untuk tumbuh kembang si kecil agar nantinya si kecil bisa belajar lebih mandiri.

Gimana sih cara mengembangkan dan melatih motorik kasar pada anak?

Nah selama si kecil belajar dirumah dan self quarantine bisa jadi waktu yang tepat nih untuk melatih motorik si kecil karena banyak waktu berdua dengan si kecil. Melatik motorik kasar pada anak tidak harus belajar dengan serius ya mom, bisa juga nih sambil mengajak anak bermain agar anak tidak merasa bosan.

Melatih motorik  kasar sendiri adalah melatih otot-otot besar pada anak saat melakukan kegiatan sehari-hari  , seperti melompat, berlari dan berjalan. Membangun kekuatan serta daya tahan otot-otot sang anak untuk menggerakkan bagian tubuhnya.

Berikut beberapa cara untuk melatih motorik kasar sang anak sambil bermain :

1. Bermain meremas busa berisi air

Pasti sering melihat permainan ini kan mom?

Dimana nanti mengajak si kecil untuk meremas busa yang telah diisi air kemudian airnya dipindahkan ke tempat satunya. Jadi si kecil akan berlari dari tempat dia mengambil air dengan busa kemudian ke tempat satunya untuk memindahkan air dari busa.

Permainan ini bisa mengasah otot-otot jari tangan dan kelenturan  jari-jari anak. Serta mengajak anak berlari.

2. Menirukan gerakan hewan

Ajak si kecil untuk mengenalkan macam-macam hewan dan bagaimana gerakan hewan tersebut.

Selain mengasah motorik  si kecil , hal ini juga bagus loh mom untuk mengenalkan jenis-jenis hewan pada anak. Karena dengan mengenalkan melalui gerakan biasanya si kecil lebih mudah untuk mengingat.

3. Melempar bola

Bermain melempar bola bisa juga menjadi cara untuk mengasah motorik kasar si anak. Mengajak si kecil bermain dengan melemparkan bola bergantian kepada kita , akan mengajarkan si anak untuk tanggap dan berkonsentrasi juga selain melatih gerakan tangan.

Selain 3 cara untuk mengasah motorik kasar pada anak. Penting juga untuk mengasah motorik halus pada anak.

Gimana sih cara mengembangkan dan melatih motorik halus pada anak?

Keterampilan motorik  halus juga penting loh mom untuk kegiatan sehari-hari anak. Seperti mengikat tali sepatu sendiri dan mengancingkan baju mereka sendiri bisa mengajarkan si kecil agar lebih mandiri. Melatih motorik halus anak adalah melatih dimana anak bisa berkoordinasi antara mata dan tangan, misal menulis atau menggambar.

Berikut beberapa cara untuk melatih motorik halus sang anak sambil bermain :

1. Melipat kertas

Mengajak si kecil untuk membuat seni melipat kertas atau origami. Bisa dengan membuat bentuk-bentuk hewan yang disukai si kecil. Belajar bagaimana step untuk membuat sebuah origami sampai bisa menghasilkan bentuk hewan tersebut. Hal ini melatih konsentrasi mata dan tangan si kecil.

2. Melukis dengan jari

Bermain dan belajar bersama si kecil melukis di atas kertas bisa menggunakan cat air yang aman untuk anak atau juga bisa bikin media sendiri loh mom. Misal dengan membuat bubur warna-warni untuk anak, dengan bahan tepung dan pewarna makanan. Mencampurkan tepur , pewarna makanan dengan air panas kemudian tunggu sampai dingin.

Setelah itu bisa digunakan si kecil untuk melukis diatas kertas. Dengan tekstur bubur si kecil juga akan belajar mengasah indra peraba mereka.

3. Menghias kue

Di momen ramadhan sekarang bisa nih mom mengajak si kecil untuk menghias kue untuk menu takjil berbuka atau untuk kue lebaran nanti. Mengajarkan dan mencontohkan kepada si kecil bagaimana cara untuk menghias kue.

Mengajak bermain si kecil adalah salah satu latihan untuk tumbuh kembang si kecil. Sebagai orang tua tentunya kita memiliki peran penting untuk hal tersebut dan untuk mengasah tumbung kembang sang anak. Selagi dirumahaja bisa jadi makin asik nih mom dengan mencoba kegiatan diatas dimana bermain dan belajar mengasah motorik anak.

Bisa juga nih mom ikutan kelas di Ayoloka tentang tips parenting dan beberapa cara untuk mengasah tumbuh kembang anak.  

Yuk cek di www.ayoloka.com dan jangan sampe ketinggalan kelasnya

Leave a Comment